Monday 25 June 2012

Mukjizat Bahasa


ABSTRAK
Ahmad Farid Wajdi, Mukjizat Bahasa, makalah Fiqih Lughah Konsentrasi Bahasa Arab Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, 2012.
Bahasa adalah suara-suara yang diungkapkan oleh setiap masyarakat sesuai
keperluan mereka. Hakikat bahasa itu adalah bahasa merupakan sebuah sistem, bahasa berwujud bunyi, bahasa bersifat arbiter, bahasa bermakna, bahasa bersifat konvensional, bahasa bersifat produktif, bahasa bersifat dinamis, bahasa bervariasi dan bahasa bersifat manusiawi.
Secara sederhana bahasa berfungsi sebagai alat interaksi sosial, yaitu sebagai alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep dan perasaan. Di samping itu bahasa juga berfungsi sebagai penjaga warisan budaya, sarana dakwah dan sarana belajar-mengajar.
Bahasa yang dimiliki manusia memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya aitu bahasa bersiafat bunyi, bahasa memiliki aturan-aturan tertentu dalam menyusun kata-kata, bahasa hanya dimiliki oleh manusia, bahasa bisa didapatkan melalui usaha dan latihan-latihan, bahasa merupakan pengetahuan dan bahasa itu berkembang.
Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa yang dimiliki oleh manusia, bahasa yang dituturkan oleh banyak manusia lintas zaman, memiliki beberapa keistimewaan. Di antaranya bahasa Arab merupakan bahasa tertua di dunia yang masih terpelihara, bahasa Arab merupakan bahasa keagamaan dan kebudayaan, bahasa Arab dikenal sebagai bahasa i’rab dan bahasa tashrif.

No comments:

Post a Comment