Thursday 22 May 2014

Buku Syarah Al-Jauhar Al-Maknun



شرح الجوهر المكنون لأحمد الدمنهوري

Buku Al-Jauhar Al-Maknun atau jauharul maknun sudah tidak asing ditelinga para santri dan mahasiswa jurusan bahasa Arab. Buku ini digunakan di banyak pondok pesantren dan madrasah untuk buku pegangan Ilmu balaghah untuk pemula. Sejatinya Al-Jauhar Al-Maknun atau jauharul maknun adalah sebuah kitab matan yan berisi syair-syair untuk pelajaran ilmu Balagah yang ditulis oleh Abdurrahman Muhammad Al-Ahdhari.
Termasuk saya dahulu (bersama sahabat-sahabat saya yang lain) ketika masih belajar di pesantren juga mempelajari buku ini sebagai bahan pelajaran, dengan melantunkan syair-syair dari buku tersebut, kemudian menerjemahkannya dan dibantu dengan penjelasan dari buku syarah.
Pada kesempatan kali ini saya tidak membagikan link download untuk buku tersebut, namun yang akan saya bagikan adalah syarah dari buku tersebut. Syarah ini ditulis oleh Ahmad Al-Damanhuri. Jika sahabat-sahabat saya berminat silahkan klik linknya di sini.

Bagi yang berminat dengan buku Al-Balaghah Al-Wadhihah silahkan ke sini.
Atau Buku Jawahir Al-Balaghah silahkan ke sini.
Untuk Koleksi buku yang lainnya, silkahkan ke sini.

No comments:

Post a Comment